Popok kain untuk pemula

30 Mar

Popok kain atau cloth diaper (clodi) atau cloth nappy (di inggris) sudah mulai banyak digemari.  Jaman dulu, saya kenal popok kain itu kain tipis yg ada talinya.  Dulu pas punya anak pertama tuh bingung, kok tipis begini yah, jadi abis pipis langsung ganti semua.  Mungkin fungsinya cuma utk menampung pup kali yah, itupun gak bisa menampung pup newborn yang pupnya terkenal encer dan explosive.  Tapi clodi jaman sekarang beda sekali, udah canggih2.  Sebagai pemula pengguna clodi pasti binggung dengan istilah yg aneh2.  Saya coba bantu yah untuk sedikit menjelaskan.  Sebagian post saya ini adalah repost saya dari sebuah forum (malas mesti ngetik lagi)

Sebenarnya ada beberapa sistem cara penggunaan clodi yang dikenal di negara eropa dan USA:

1.  2-parter (dua bagian), jadi ada popoknya yg berfungsi untuk menyerap pipis dan menampung pup dan juga ada diaper cover yang anti tembus (waterproof).

Popoknya sendiri tidak ada waterproofnya, biasanya ada beberapa macam:

  • Prefolds, dibuat dari tenunan katun tapi ada juga dari bahan bambu, bentuknya persegi panjang dijahit tiga bagian, dibagian tengah biasanya lebih tebal.  Untuk mengetahui ketebalan, biasanya ditulis 2x3x2 (dua lapis kiri kanan dan 3  lapis bagian tengah), atau 4x6x4 atau 4x8x4.  Biasanya ada 3 ukuran, small, regular dan toddler tapi tiap merk atau jenis prefold berbeda2.  Prefolds bisa dipakai dengan snappi (nappi nippa in UK) atau peniti.  Prefolds juga bisa dipake sebagai booster atau insert untuk pocket nappy.
  • Fitted Diaper,  clodi ini sudah dibentuk seperti celana dalam terbuka, ada elastic dibagian paha dan biasanya ditutup pake velcro atau kancing plastic snap.  Banyak sekali brand2 fitted diaper dan bahan2 pembuat diaper jenis ini, ada katun,  bahan handuk (cotton terry), bambu dan hemp.

Sedangkan diaper cover ada dua macam:

  • Diaper Cover atau diaper wrap, ini bagian luar anti tembus (waterproof).  Jadi, gak usah ganti baju atau ganti sprei tiap kali baby pipis.  Diaper cover bisa terbuat dari PUL (polyutherane laminate), fleece atau wool.
  • Soakers/pull on pants, fungsinya juga sebagai penghalang atau barrier anti tembus.  Tapi, soakers bentuknya lebih seperti celana dalam, jadi tidak ada velcro atau kancing, biasanya terbuat dari wool atau fleece

Kelebihan 2 parter:

  • perawatan lebih mudah, eg. kalo mesti stripping clodi, diaper cover-nya gak usah di-strip jadi lebih awet
  • lebih murah, prefold sangat murah dan fitted diaper juga tidak terlalu mahal dibanding pocket atau AIO (all in one).  Diaper cover tidak butuh sebanyak popoknya.  Kalau hanya dipipisin (gak kena pup), bisa diangin-anginin dan di selang seling, jadi dalam satu hari misalnya 2-3 diaper cover.  Biasanya, kalo gak kena pup, bisa saya pake 2-3 utk 2 harian.
  • Diaper cover lebih awet krn tidak harus di cuci tiap hari.  Apalagi kalo pake wool pull-on, biasanya saya hanya cuci kalo kotor, dan kalo udah pesing (berarti sudah tidak anti tembus), jadi jarang sekali, paling 2 minggu sekali dicuci (kalo tidak kena pup).
  • Fit better dan juga jarang bocor krn diproteksi 2 kali, dgn popoknya sendiri ditambah dgn covernya.

Kekurangannya:

  • kurang praktis apalagi kalo dibawa2
  • kebanyakan lebih bulky daripada pocket.

2. Pocket, terdiri dari popoknya sudah termasuk waterproof (biasanya PUL atau fleece), contohnya bumwear, fuzzibunz, blueberry, dll. Yg lagi populer sekrg ini adalah bahan minkee karena sangat lembut. Kelebihan pocket, keringnya paling cepat diantara 3 sistem, lebih praktis apalagi untuk dibawa2, tidak terlalu bulky.  Sedangkan kekurangannya: biasanya fleece lining yg prone dengan detergent build up, jadi mesti hati2 perawatannya, lebih mahal dari pada 2 parter dan kadang suka bocor kalo pemakaian tidak tepat (misalnya terlalu kencang atau kekendoran)

3. AIO (all in one) dan AI2 (All in 2). AIO, popok dan cover-nya semua dijahit jadi satu. Kalo pocket, waktu dicuci, insertnya mesti dikeluarkan. AIO, semuanya dijahit jadi satu, jadi gak usah pake insert. Kekurangan keringnya paling lama, perawatan paling susah diantara ketiga sistem karena mudah terjadi detergent build up kalo bilasnya kurang bersih.  Saya, personally, tidak suka AIO.  Dari ketiga sistem, cuma AIO yg sudah berkali2 saya strip.  AI2, mirip dgn 2 parter, tapi bedanya AI2, popok kainnya dikancing dengan diaper covernya, jadi popok kainnya tidak bisa dipakai sendiri, sedangkan fitted diaper dan prefold, bisa dipakai tanpa diaper cover.

7 Responses to “Popok kain untuk pemula”

  1. Faustomania April 2, 2010 at 4:09 pm #

    indie, its like a clodi manual book!! great job!! hmmm some more spare time and you’ll be writing a book =D

    • Indie April 2, 2010 at 7:33 pm #

      Fausto, thank you! Iya, mendingan nulis daripada belanja, gak ngabisin duit…. he..he..

      • jessmite May 12, 2013 at 9:36 pm #

        hehehe pinter juga idenya. very nice post! thankyou for the useful info.

  2. Fahrul Fauzi May 7, 2010 at 7:02 am #

    Selamat siang bu,

    Saya Fahrul dari Indorama Bandung.
    Di sini saya bermaksud menawarkan kain PUL laminating untuk dipergunakan sebagai waterproof pocket diaper. Kami dapat memproduksi kain PUL dengan berbagai jenis kain, baik itu katun maupun polyester dengan membrane breathable dan non breathable dengan harga yang terjangkau. Bila ibu berminat, dapat menghubungi saya di 08562177565 atau melalui email di fahrul@indorama.com. Lokasi kantor saya di Bandung.

    Terima kasih dan saya tunggu kabar baik dari ibu.

  3. dini November 22, 2010 at 2:50 am #

    mba indie,,makasi y infony berguna,kebetulan sy jg lg pakein clodi u/ anak sy,,,dan lg belajar cr2 perawatan clodi jg,,,,btw,boleh tau g mba detergent yg recommended u/ pencucian clodi?terus dicuci pada temperatur 60 derajat itu pada mesin yg pake panas dingin y?kalo g pake panas dingin gmna?

    • Indie December 17, 2010 at 5:52 pm #

      Sama2, Dini, kalo di Inggris sini, detergent bisa pake apa asal yg non-bio. Kalo di indo, maaf aku kurang tau, nanti kalo pulang kampung, PR-ku ngecek2 detergent deh. Kalo soal mesin cuci gak ada air panas, gak apa2 pake air dingin, mungkin bisa dikasih 1 tetes tea tree oil atau lavender oil sbg pembunuh kuman2. HTH

  4. jessmite May 12, 2013 at 9:34 pm #

    Reblogged this on Intan Rastini and commented:
    aku termasuk pemula, belum nyobain pake ke Guscil popok kainnya sih.. tapi udah nyetock 6 pcs pocket diapers yang waterproof (plus udah di prewash 3x beserta insert-insertnya).

    Lumayan lah udah beli popok kain tali 1 lusin – yang tradisional dulu, ya…, dapat dari mama (omanya Guscil) 7 pcs dan ntar juga malak sepupu yang juga abis partus sodaranya Guscil, si Rieqbal, 1 lusin (karena bayinya udah beranjak 3 bulan he he he…)
    Pertimbanganku adalah, pakai popok kain tali dulu semasa new born, ntar kalo udah gedean diatas 1 bulan baru pake cloth diaper alias clodi😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: